Berita Terbaru Komputer Dimasa depan mobilitas akan menjadi sebuah kunci. Komputer pun dituntut seperti itu. Walau saat ini laptop sudah sangat portabel, namun berbagai perusahaan teknologi masih terus mendorongnya lebih jauh. Kabar yang paling seru tentu peralihan komputer menggunakan prosesor berbasis ARM. Samsung pun dikabarkan sedang mengembangkan prosesor Exynos untuk PC Windows.

Kisah paling populer untuk peralihan ini tentu saja keputusan Apple untuk lepas dari prosesor Intel. Semua komputer Mac nantinya akan memakai prosesor Apple Silicon. Selain Apple, Google pun dikabarkan sedang membuat chipset ARM untuk smartphone Pixel dan laptop Chromebook.

Rumor terbaru (via @mauriQHD) mengabarkan kalau Samsung juga akan mengambil langkah serupa. Chipset yang dikembangkan itu disebut berdasar Exynos 1000. Samsung juga disebut mengembangkan chipset untuk PC berdasar Exynos 990, namun mereka tidak puas dengan hasilnya. Exynos 990 sendiri mendapat banyak kritikan.

 

Inovasi Terbaru Dari Samsung Pada Prosesor Exynos

 

Spekulasi lain menyebutkan kalau chipset yang dibuat berdasar Exynos 1000 ini bisa menggunakan proses EUV 5nm dan bisa memakai CPU Cortex-X1.

Yang jelas, Samsung sudah punya PC Windows yang cocok untuk prosesor Exynos tersebut. Saat ini, laptop Samsung Book S LTE menggunakan chipset Snapdragon 8cx. Jadi, jika prosesor yang dikembangkan berhasil, Samsung bisa memakainya di lini tersebut (atau mungkin membuat varian lain).

Rumor soal chipset yang dibuat Samsung memang bergaung cukup kencang. Selain rumor ini, Samsung juga pernah dikabarkan mengembangkan chipset Exynos dengan GPU Radeon dari AMD.

Sejauh ini, chipset ARM yang hadir untuk laptop Windows berasal dari Qualcomm. Yaitu Snapdragon 8cx, Snapdragon 8c, dan Snapdragon 7c. Jelas kompetisi di wilayah ini masih lowong. Apalagi dengan kehadiran Apple Silicon untuk komputer Mac.

Masalahnya, selama ini belum ada yang bisa mengalahkan chipset dari Apple di wilayah smartphone. Tidak Snapdragon, tidak pula Exynos, Kirin, atau lainnya. Apple akan menetapkan standar baru untuk chipset ARM di wilayah komputer. Pertanyaannya, kalau mereka berhasil membuatnya powerful (paling tidak bisa menggantikan prosesor Intel secara efisien), bisakah yang lain menandinginya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *