Berita Terbaru Komputer Perusahaan Lenovo akhirnya resmi meluncurkan perangkat workstation teranyarnya, yaitu ThinkStation P620. Sebagaimana yang dikeathui jika komputer tersebut diklaim sebagai perangkat workstation pertama di dunia yang menggunakan dengan prosesor (CPU) terbaru besutan AMD yang baru saja diperkenalkan, yakni Ryzen Threadripper Pro. Lenovo Worldwide Product Manager, Jenni Ramsey, mengatakan bahwa ThinkPad P620 adalah platform workstation 64 core pertama di dunia.

“ThinkPad P620 adalah komputer workstation dengan 64 core pertama di dunia,” klaim Jenni dalam product briefing Lenovo yang digelar secara online.

“Bukan sebagai suksesor atau pengganti P520, platform workstation ini bakal menjadi tambahan portofolio produk workstation mainstream Lenovo yang sudah ada,” tambah Jenni.

Fitur unggulan komputer ini tentunya terletak di prosesornya. Lenovo tidak menyebutkan secara gamblang prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro mana yang bakal digunakan. Namun, komputer tersebut dipastikan bakal memiliki konfigurasi CPU dengan inti (core) prosesor berjumlah hingga 64 buah, dengan kecepatan clock hingga 4,0 GHz. Diketahui, hanya prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro 3995WX saja yang dibekali dengan jumlah core sebanyak itu, dipadankan dengan 128 threads.

 

 

Intip Kecanggihan CPU Dalam PC Lenovo Terbaru !

 

 

Konfigurasi hardware lain yang diusung ThinkStation P620 terdiri dari dukungan RAM berkecepatan 3,2 GHz dengan kapasitas hingga 512 GB dan media penyimpanan hingga 20 TB. Komputer ini juga bisa menampung dua buah kartu grafis (GPU) Nvidia Quadro RTX 8000 atau empat buah Nvidia Quadro RTX 4000 sekaligus.

Ada pula dukungan teknologi ThinkStation Diagnostics 2.0, ThinkShield, serta AMD Memory Guard yang mampu melindungi aneka data sensitif yang tersimpan di komputer dari beragam serangan fisik. Dengan sejumlah spesifikasi mumpuni yang tadi disebutkan, Corporate Vice President & General Manager OEM Client Business Unit AMD, Jason Banta, mengklaim bahwa ThinkStation P620 mampu memproses beban kerja para pengguna profesional. “Karena tuntutan tinggi dari artis visual, arsitek, dan insinyur saat ini semakin kompleks, AMD dan Lenovo bekerja sama untuk memberikan performa, fleksibilitas, dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk menangani beban pekerjaan mereka,” kata Jason di kesempatan yang sama.

Komputer workstation teranyar besutan Lenovo ini rencananya bakal tersedia mulai akhir September mendatang. Meski demikian, pihak Lenovo belum mengungkap tanggal pastinya, berikut detail informasi harga dan ketersediaan perangkat tersebut di Indonesia.

Bagaimana menurutmu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *