Berita Terbaru Komputer Apa kamu tengah mencari program audio editor? Mungkin ingin menggunakan yang gratis? Berikut ini kami memilihkan beberapa program atau aplikasi audio editor gratis.

Di dunia yang serba digital, program audio editor seringkali dibutuhkan. Bisa untuk sekedar membuat ringtone, atau sampai merekam musik. Apalagi yang bisa merekam suara, mengedit, sampai memberi efek, dan mendukung berbagai format audio. Mari kita lihat, apa saja yang bisa menjadi pilihan.

 

Macam-Macam Program Edit Audio Yang Bisa Didownload Gratis

 

 

Audacity (Windows, Mac, Linux)
Audacity mungkin merupakan program audio editor paling populer di muka bumi. Selain itu, program ini terhitung yang paling senior. Hal ini tercermin dari tampilannya—yang entah kenapa—tetap terlihat kuno.

Audacity memiliki fitur yang cukup banyak. Seperti perekam suara (baik dari microphone atau mixer), impor dan ekspor berbagai format audio, mendukung berbagai kualitas audio, mendukung fungsi edit, memiliki banyak efek, dll. Salah satu keunggulan lain Audacity adalah bisa sepenuhnya dioperasikan dengan keyboard, dan mendukung berbagai shortcut perintah.

Studio One Prime (Windows, Mac)
Studio One merupakan salah satu produk digital audio workstation (DAW) dari PreSonus. Nama ini merupakan produsen dari berbagai produk (baik hardware dan software) yang fokus pada proses kreatif berbasis audio. Studio One Prime merupakan versi gratis. Sedangkan versi berbayarnya berjuluk Studio One Artist dan Studio One Professional.

Studio One mendukung multi-track, virtual instrument, dan FX channel. Namun Studio One Prime—sebagai versi gratis—memiliki keterbatasan. Salah satunya tidak bisa melakukan ekspor ke format FLAC dan MP3 (termasuk ekspor langsung ke SoundCloud). Mengingat program ini adalah program editing yang kompleks dan canggih, versi gratis boleh dianggap sebagai versi demo.

Podium (Windows)
Podium adalah program digital audio workstation untuk Windows buatan Zynewave. Program ini tersedia dalam versi gratis dan komersial. Seperti juga Studio One, Podium merupakan program rekaman dan audio editor yang kompleks dan canggih.

Untuk versi gratis, terdapat keterbatasan. Misalnya MIDI tebatas untuk satu input dan output, tidak ada mixer 64-bit, tidak ada multi-processing plugin, dll. Selain itu, update untuk Prodium versi gratis akan lebih lambat dari versi komersial.

Ocenaudio (Windows, Mac, Linux)
Ocenaudio adalah program audio editor cross-platform; baik di WIndows, Mac, maupun Linux. Program ini mengutamakan kemudahan penggunaan dan kinerja optimal. Beberapa fungsi yang biasanya memakan waktu ( seperti membuka dan menyimpan berkas audio) dilakukan di latar belakang sehingga penggunanya tetap bisa melakukan hal lain.

Ocenaudio mendukung Virtual Studio Technology (VTS) seperti plugins. Program ini juga menawarkan real-time preview yang menunjukkan langsung menunjukkan hasil ketika kita mengubah sesuatu (misalnya equalizer).

HyaWave (WebApp)
HyaWave merupakan aplikasi rekam suara dan audio editor online. Aplikasi ini mendukung rekam suara melalui microphone, fungsi drag & drop berkas audio, juga kontrol dengan keyboard. Selain itu, HyaWave juga dilengkapi dengan berbagai efek seperti amplify, waveform bit crusher, feedback delay, dll. Kita juga bisa mendengarkan terlebih dahulu hasilnya (prelisten) sebelum mengeksekusi hasil akhir.

HyaWave hadir dengan tampilan ala Material Design, dan bisa langsung mengirim hasil akhir melalui URL atau media sosial Facebook dan Twitter. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi web, HyaWave bisa diakses di mana saja dan kapan saja, cukup melalui web browser. Kalau kamu mencari aplikasi audio editor gratis yang paling mudah dijangkau, HyaWave bisa jadi pilihan jitu.

Demikianlah beberapa program dan aplikasi audio editor gratis pilihan kami. Tentunya, kalau ada informasi yang salah atau kamu punya pilihan lain, silakan beritahu kami lewat kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *